Tentang Kami

SEJARAH SINGKAT SDI GONDANG

Sekolah Dasar Islam (SDI) Gondang merupakan pendidikan formal setingkat SD yang terletak di Desa Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, yang dikelola oleh Yayasan Badan Wwakaf Masjid dan Madrasah Gondang (Yayasan Gondang). SDI Gondang berdiri pada tanggal 6 Januari 1974 dengan penggagas H. Tamim Basyuni, H.A. Nadjib Syamsuddin, H. Syirozi Zuhdi, H. Muhammad Zuhdi dan tokoh Gondang lain.

 

Secara operasional SDI Gondang mengadakan kegiatan belajar mengajar dimulai pada tanggal 6 Januari 1974, dengan jumlah siswa 15 anak, dan 6 tenaga pendidik dan tenaga administrasi. Kepemimpinan SDI Gondang pertama adalah M. Choldun Buzari.Keberadaan SDI Gondang haruslah sejalan dengan Kemasjidan yang berada di Desa Gondang, dimana masing-masing merupakan institusi satu Yayasan.

 

Mensikapi aturan pendidikan yang digariskan oleh pemerintah, Yayasan mendaftarkan legalisasi SDI Gondang di Dinas Pendidikan dengan Nomor Identitas Sekolah : 1000220. Perkembangan selanjutnya pada tahun 2000 telah terakreditasi dengan Nomor SK Akreditasi :0294/I03/46/DS/2000 dengan nilai disamakan.

 

Setelah melalui usaha serta perjuangan, dan dorongan dari Pengurus Yayasan dengan didasari ibadah dan keikhlasan dari Pimpinan sekolah, dewan guru, serta peran wali siswa.Yang diikuti kemajuan prestasi SD Islam Gondang Wonopringgo.

Alhamdulillah pada tanggal 15 Desember 2005 Badan Akreditasi Nasional meng-Akreditasi SD Islam Gondang dengan memberikan Sertifikat Akreditasi Great A, dengan nomor Sertifikasi DP : 06120/2606120/2005.

 

Masa mencari Identitas / Kiat ( 2000 – 2005 )

Selanjutnya setelah melalui suatu perenungan serta berbagai upaya ditemukan beberapa kiat rahasia dalam memajukan kualitas pendidikan di SD Islam Gondang Wonopringgo. Kiat / rahasia itu antara lain :

  1. Bahwa kualitas pendidikan ditentukan oleh Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Pengurus Yayasan serta peran serta masyarakat.
  2. Mutu / kualitas Pendidikan sangat ditentukan adanya keseimbangan antara pengembangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hal ini sesuai dengan 4 pilar pendidikan menurut UNESCO :
  3. Learning to know ( Belajar untuk mengetahui sesuatu )
  4. Learning to be ( Belajar untuk mengerjakan sesuatu )
  5. Learning to live together ( belajar untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan )
  6. Untuk menciptakan pendidikan berkualitas / bermutu perlu adanya semangat “Dengan sadar mutu menjadi sekolah unggul”
  7. Dengan kualitas yang unggul insya Allah apa yang kita harapkan akan dating dengan sendirinya / dapat dicapai.

 

Masa Pelaksana Kiat ( 2005 – 2010 )

Setelah menemukan kiat – kiat, maka Kepala Sekolah, Guru, Pengurus Yayasan mulai berusaha untuk menerapkan kiat-kiat tersebut melalui beberapa strategi kegiatan :

  1. Meningkatkan kualitas pengajar/pendidik/karyawan (SDM)
  2. Melakukan konsultasi kerjasama yang baik antara Kepala Sekolah, Guru, Pengurus Yayasan dengan Pemerintah (Dinas Pendidikan), Komite dan Para wali siswa.
  3. Melakukan Sistem Proses Belajar Mengajar yang seimbang antara kognitif, afektif dan psikomotorik melalui sistem pembelajaran PAKEM (Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan)
  4. Mengembangkan Sekolah berwawasan unggul dengan 6 Aspek Kriteria tamatan :
  5. Tertib ibadah (Al Islam, Akhlaqul Karimah)
  6. Mahir baca tulis Al Qur’an (BTA)
  7. Berwawasan kebangsaan (Ke-Indonesiaan)
  8. Pengetahuan Akademis Tinggi (Prestasi Belajar)
  9. Mampu berbahasa asing tingkat dasar (Bahasa Arab, Bahasa Inggris)
  10. Memiliki ketrampilan dasar komputer (TIK)

 

Masa Meraih Kiat Sekolah Unggul (2010 – .  .  . )

Dengan terlaksananya kiat-kiat tersebut secara baik, maka Insya Allah SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo pada akhirnya dapat meraih / memperoleh hasil yang memuaskan, sehingga SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo semakin dipercaya sebagian besar masyarakat Gondang Wonopringgo untuk dijadikan tempat menimba ilmu tingkat Sekolah Dasar bagi putra-putrinya. Dan Alhamdulillah saat ini SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo semakin mendapat tempat di hati masyarakat Wonopringgo dengan harapan kepercayaan yang diberikan terhadap SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo akan menjadi cambuk dan pendorong bagi seluruh pengajar/Guru, staf karyawan SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo agar dapat mengabdikan dirinya dalam pendidikan secara ikhlas disiplin demi kemajuan pendidikan Yayasan Gondang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *