Pembelajaran Terpadu

Pembelajaran yang diterapkan di SD IT Gondang memadukan beberapa unsur yang saling terkait, sehingga efektivitas pembelajaran akan lebih meningkat dibandingkan dengan pembelajaran formal pada umumnya.

Kami mengupayakan Penerapan Model Pembelajaran sesuai dengan Anak – anak ditingkat dasar yaitu  mengutamakan Kegiatan yang Menyenangkan.

Sebagai komitmen Yayasan Gondang dan di tindak lanjuti oleh semua Guru di SDIT Gondang, Kami menerapkan Model Pembelajaran PAIKEMI GEMBROT (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Islami, Gembira dan Berbobot).

Model ini menuntut anak agar bisa aktif dan kreatif dan menanamkan nilai-nilai keislaman.

Model Pembelajaran PAIKEMI GEMBROT yang kami terapkan antara lain :

  • Role Playing ( Bermain Peran )

Dengan sebuah permainan anak bisa lebih bersemangat dan lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran tanpa merasa tertekan dengan materi yang akan diberikan.

  • Alat Peraga

Untuk setiap mata pelajaran yang kami sampaikan kepada anak – anak, Kami berusaha membuat imajinasi anak anak menjadi kenyataan dengan melihat benda atau alat peraga yang membantu anak anak memamahi materi pelajaran.

Model ini sangat di sukai oleh anak – anak karena merak tidak hanya di tuntut untuk mndengarkan ceramah guru atau hanya membaca buku teks namun bisa melihat peraga yang menarik dan bisa melakukan praktik secara langsung .

Kami juga menggunakan metode ini untuk mata pelajaran yang biasanya tidak disukai oleh anak, matematika contohnya. Matematika acapkali menjadi pelajaran yang ditakuti para siswa.

Dengan menggunakan Alat Peraga, Mereka bisa lebih tertarik dan antusias untuk mencoba dan berlatih memecahan masalah yang berkaitan dengan matematika baik secara individu maupun kelompok.

  • Media Interaktif

Selain menggunakan alat peraga, kami juga memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang sekarang ini yaitu menggunakan LCD Projektor dan Komputer atau Laptop.

Dengan Media ini, Efektifitas dan Efiensi Pembelajaran dapat ditingkatkan, Guru Tidak perlu menulis begitu lama di papan tulis sedangkan anak anak menunggu dengan bercanda.

Namun Sebaliknya, dengan Menampilkan Materi Pelajaran dengan Gambar atau Video ( Audio Visual ) anak anak lebih tertarik dan antusias untuk mengikuti dan memperhatikan dari pada berbicara sendiri dengan teman sebangkunya, sehingga tujuan belajar anak mudah tercapai.

Model Pembelajaran lain yang masih kami terapkan selain yang diatas antara lain

  • Diskusi Kelompok
  • Praktik Ekperimental untuk mata pelajaran Sains
  • Demonstrasi
  • Mencongak
  • Study Visit / Study Tour

Setiap mengawali KBM, Guru Kelas/ Guru Mapel mengajak anak anak berdoa dan membaca Sholawat Nabi dan Berdoa bersama, motivasi anak – anak dengan mengajak mereka melakukan Yel-Yel dan menyampaikan cerita singkat yang bersifat spiritual dengan tujuan meningkatkan semangat dan keaktifan siswa.

Mengingat Model Pembelajaran itu sangat banyak macam dan variarinya, didalam melakukan Kegatan Belajar mengajar ( KBM ) Guru Kelas / Guru Mapel menyesuaikan situasi dan kondisi di kelas saat itu dengan menggunakan model pembelajaran lain yang menarik (tidak monoton menggunakan model pembelajaran diatas) dalam rangka meningkatkan motivasi belajar Siswa dan agar supaya tujuan belajar dapat tercapai sesuai dengan target dan harapan kami para guru dan orang tua / wali siswa SDIT Gondang.