POTRET PENDIDIKAN KARAKTER KEASWAJAAN DI SDIT GONDANG

IMG_20151112_072459

Kegiatan Membaca Surat Yasiin dan Tahlil

Pendidikan karakter merupakan program unggulan di yayasan Gondang, yakni dengan menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk merealisasikan nilai-nilai tersebut. Dalam istilah lain dapat dimaknai sebagai The deliberate use of all dimensions of school life to foster optimal character development (dimaknai sebagai pendidikan nilai, budi pekerti, moral, watak atau pendidikan etika). Tujuannya untuk mengembangkan potensi murid untuk memberikan keputusan baik buruk, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari.

1

Ziarah ke makam waliyullah Ki Ageng Rogoselo

SDIT Gondang Wonopringgo merupakan salah satu lembaga formal  yang ada di Yayasan Gondang. Di sekolah ini ideologi Aswaja dilestarikan dalam Kurikulum Muatan Lokal, seperti bacaan surat-surat pilihan (Yaasin, Waqi’ah, al-Mulk, dan sebagainya) secara tartil; serta  bacaan Maulid (Simtuduror), tahlil, ziarah wali, dan sebagainya.

DSC01610

Kegiatan Ekstra Pembacaan Maulid Simtuduror

 

 

 
Melalui pendidikan karakter diharapkan siswa SDIT Gondang mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan etika mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Pendidikan karakter di sekolah mengarah pada pembentukan kultur sekolah (proses pembudayaan), yaitu nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian dan simbol-simbol yang dipraktekkan. Kultur tersebut merupakan ciri khas, karakter dan pencitraan sekolah dimata masyarakat.

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *