Game Tajwid yang menarik, Membaca Al Quran jadi semakin baik

DSC_6709DSC_6714

Salah Satu Program Unggulan di SDIT Gondang adanya TPQ Pagi dan Hafalan Juz `Amma. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebelum pembelajaran di mulai. Kegiatan ini bertujuan menunjang hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Baca Tulis Alquran ( BTQ ) di SDIT Gondang. Menyadari pentingnya pendidikan Al Quran bagi anak dan manfaat bagi yang mempelajarinya menjadikan pembelajaran membaca Al Quran menjadi sesuatu yang wajib diberikan di Sekolah Dasar.

Guru pendidikan agama islam harus menjadi ujung tombak keberhasilan pembelajaran membaca Al-Quran bagi siswa –siswanya . Disebut demikian karena membaca Al-Quran tidak hanya sekedar mampu melafalkan lambang – lambang bunyi yang disebut huruf yang dalam Al-Quran menggunakan huruf hijaiyyah ,akan tetapi harus pula membelajarkan ilmu tajwid agar siswa mampu membaca Al-Quran dengan baik, benar tartil.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Muzamil ayat 4 yang artinya :

…Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan–lahan dan tartil.

Supaya proses pembelajaran membaca Al-Quran mampu memberikan bekal bagi siswa sehingga siswa mampu membaca Al-Quran dengan baik dan lancar atau tartil seperti diisyaratkan oleh surat Al Muzzammil di atas maka kami  mencoba menerapkan pembelajaran menggunakan software Quran Interaktif yang di dalamnya dilengkapi pembelajaran Tajwid dan permainan (game) interaktif yang menarik antusias peserta didik.

DSC_6729

DSC_6721

” Asyik banged belajar tajwid dengan laptop, aku jadi mudah paham ” komentar Nailil Karimah ( Siswi Kelas 4 SDIT Gondang ). ” Yang tadinya bingung, masih salah – salah pas baca , sekarang jadi bisa baca juz `Amma lebih baik ” tambah temannya M. Sanaya Arja K.

Pembelajaran dengan software ini mengajarkan siswa ilmu tajwid dilengkapi penjelasan dan contoh serta cara membaca dengan baik dan benar. Selain itu juga memberi kesempatan siswa untuk aktif berinteraksi dengan komputer dan siswa yang lain untuk menyelesaikan permaianan (game) Tajwid.

 

 

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *