Asyiknya Belajar dengan Teknologi

tik upload

Pada zaman sekarang ini, komputer seakan-akan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sehingga di era komputerisasi ini, semua segmen kehidupan dirambah oleh aplikasi komputer. Maka tidak mengherankan jika di sekolah-sekolah ada pembelajaran Teknologi  Informasi dan Komunikasi (TIK). Demikian juga salah satu pembelajaran di SD Islam Terpadu Gondang Wonopringgo. Sebagian besar dari mereka sangat tertarik dan antusias untuk belajar komputer karena sudah terbiasa melihat bahkan sudah berani mencoba mengoperasikan laptop milik orang tuanya  saat dirumah. Namun ada beberapa  yang sama sekali belum pernah dan belum tahu apa – apa tentang komputer terutama anak – anak kelas 1. Mengajar anak SD, terlebih siswa kelas 1, pasti yang ada dipikiran kita adalah anak-anak yang masih belum tahu apa-apa tentang komputer, dan pikiran seperti itu bisa membuat kita bingung untuk memberikan materi ajar komputer. Saya sendiri menganggap siswa kelas 1 SD itu tidak ada bedanya dengan siswa kelas 2 dan 3, keingingtahuan mereka terhadap benda bernama komputer pasti sama, cuma apa yang mereka minati dari pelajaran komputer itu pastinya berbeda.

tik 2Ketika masih di TK mungkin sebagian diantara siswa ada yang sudah diperkenalkan dengan komputer, karena setahu saya sekarang sudah banyak TK yang memberikan pelajaran komputer. Biasanya aplikasi yang digunakan adalah Paint, aplikasi untuk membuat gambar sederhana dan mewarnai. Untuk anak yang di TK nya pernah belajar komputer, kita anggap tidak ada masalah.

Lalu bagaimana dengan siswa yang waktu di TK nya tidak belajar komputer? Untuk yang ini kita jadikan bahan pertimbangan ketika kita hendak menyusun bahan ajar mata pelajaran komputer kelas 1 SD. Yang di TK nya tidak ada pelajaran komputer belum tentu si anak tidak pernah belajar sama sekali tentang komputer, bisa saja di rumahnya mereka sering berinteraksi dengan komputer bersama orangtuanya.

Dari beberapa kemungkinan tadi, mestinya biar akurat kita ambil data, berapa orang siswa yang waktu TK nya pernah belajar komputer, berapa orang yang tidak pernah belajar komputer, dan berapa orang yang di TK nya tidak pernah belajar komputer tapi di rumahnya familiar berinteraksi dengan komputer? Untuk pekerjaan seperti ini mesti bekerjasama dengan wali kelas 1.

Nah bagaimana kalau kita “malas” atau tidak mau direpotkan dengan proses pengumpulan data tadi, kita bisa melihat secara general mater ajar apa saja yang dominan diajarkan di TK? mengenal dan belajar menulis huruf, mewarnai. Biasanya dua materi ini yang dominan. Dari dua materi dominan tersebut selanjutnya kita kembangkan menjadi materi ajar komputer yang akan kita gunakan untuk bahan mengajar komputer kelas 1 SD.

Untuk aktivitas mewarnai bisa kita manfaatkan aplikasi Paint, dan aplikasi-aplikasi sejenis lainnya yang bisa kita unduh di internet. Untuk aplikasi membacanya kita juga bisa mengunduh aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan tersebut. Tentu kita harus membuat rancangan bahan mengajarnya, biar lebih mudah silahkan dibuat dalam bentuk kumpulan latihan, bisa berupa tutorial dan modul yang nantinya digunakan untuk bahan belajar selama satu tahun ajar . Dibukukan, di cetak, kemudian bagikan ke siswa.

Kalau sudah membuat materi ajarnya selama setahun, pasti kita tidak akan kebingungan lagi untuk memberikan materi apa yang harus diberikan kepada siswa kelas 1 SD tersebut? Selamat mencoba…

 

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *